token listrik pra bayarPemasangan listrik pra bayar gratis akan segera dinikmati warga miskin Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Bidang Pertambangan dan Energi Dinas Pekerjaan Umum Kota Lubuklinggau, Misno Sarman, sebagaimana dikutip oleh Republika Online.

“Pemasangan listrik gratis untuk kalangan masyarakat miskin ini merupakan bantuan dari Pemprov Sumsel dalam program listrik murah dan hemat,” jelas Misno Sarman, Ahad (2/6).

”Untuk Kota Lubuklinggau pemasangan listrik gratis ini diterima oleh 175 KK, dari 2.000 KK penerima bantuan pemasangan listrik gratis se-Sumsel,” lanjutnya.

Pemasangan listrik pra bayar akan dilakukan rekanan Distamben Sumsel, yang saat ini masih dalam proses tender dan diperkirakan sudah dilaksanakan pada akhir Juni 2013.

Sedangkan pihaknya hanya bertindak selaku penerima bantuan dengan menyiapkan data-data masyarakat yang berhak menerimanya.

Penjaringan masyarakat miskin untuk mendapatkan bantuan pemasangan listrik gratis tersebut telah dilaksanakan pada Februari 2013.

Data-data calon penerima bantuan ini berasal dari 72 kelurahan pada delapan kecamatan di daerah itu. ”Data-data ini sudah disurvey Pemprov Sumsel dan dinyatakan layak menerima bantuan tersebut,” paparnya.

Penggunaan listrik prabayar merupakan pengunaan listrik pintar. Jika pemakaian hemat, pulsa yang digunakan per bulannya juga sedikit. Sebaliknya jika boros listrik,  pulsa yang dibeli perbulannya juga banyak.

Untuk isi ulang pulsa atau token pelanggan dapat membeli token listrik prabayar di agen pembayaran listrik, di bank atau loket PLN terdekat dengan membawa kartu listrik.

Keuntungan lain dari listrik prabayar adalah: penggunaan listrik lebih terkontrol, tidak membutuhkan petugas pencatat meteran listrik, serta kelebihan lainnya