Sebelum membahas panduan penjualan token listrik PPOB Bukopin Chip Sakti, ada hal yang harus diketahui mengapa harus jadi agen token listrik prabayar? Semakin meningkatnya jumlah pelanggan listrik prabayar adalah berita baik bagi penjualan token listrik prabayar, pada akhir tahun 2012 lalu saja terjadi peningkatan yang sangat siginifikan pertambahan jumlah pelanggan listrik prabayar yaitu 1,91 juta pelanggan per akhir 2012. Dari data itu 80% adalah pelanggan baru, itu artinya ada 20% pelanggan lama yang beralih dari sistem pembayaran yang lama ke sistem baru.

Nampaknya bagi sebagian orang penggunaan listrik prabayar lebih menguntungkan ketimbang penggunaan listrik pasca bayar dan tentu ini peluang yang bagus bagi agen token listrik prabayar. Diantara keuntungan listrik prabayar adalah:

  • Pelanggan lebih mudah mengendalikan pemakaian listrik
  • Pemakaian listrik dapat disesuaikan dengan anggaran belanja
  • Tidak akan terkena biaya keterlambatan
  • Privasi lebih terjaga, tak perlu membukakan pintu untuk petugas yang biasa membaca kWh Meter
  • Jaringan luas pembelian listrik isi ulang
  • Tepat digunakan bagi Anda yang memiliki usaha rumah kontrakan atau kamar sewa (kos)

Melihat keuntungan dan kemudahan tersebut membuat pertumbuhan jumlah pengguna listrik prabayar meningkat hampir 100% dalam setahun terakhir, dimana pada Mei 2012 jumlah pelanggan sebanyak 5 juta sementara per 13 Mei 2013, jumlah pelanggan listrik prabayar telah mencapai 9,74 juta pelanggan. Jadi, jelaskan semakin lama pengguna listrik prabayar semakin banyak, dan tentu saja agen token listrik prabayar semakin dibutuhkan.

Lalu, darimanakah keuntungan bisnis listrik prabayar? dan berapa besar keuntungannya? sebelum langsung pada jawaban, kami akan menjelaskan terlebih dahulu komponen biaya apa saja yang terdapat pada harga token listrik prabayar itu.

Token listrik prabayar terdiri dari berbagai nominal dari nominal 20.000,- yang dijual dengan harga Rp.20.000,- sampai nominal 1.000.000,- yang juga dijual dengan harga Rp.1.000.000. Nominal-nominal tersebut terdiri dari beberapa komponen biaya didalamnya yaitu:

  • Biaya kWh listrik (tarif berdasarkan Peraturan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Nomor 30 Tahun 2012)
  • Biaya PPJ (sesuai ketentuan daerah masing-masing antar 3%-10%)
  • Biaya adm bank ada yang 2.000 ada yang 1.600 seseuai ketentuan biller.

Lalu, dari kompenen manakah keuntungan bisnis token listrik prabayar diambil? keuntungan penjualan token listrik prabayar diambil dari komponen adm bank yang dibagi dengan biller. Nah, di ChipSakti Pay adm bank token PLN prabayar, mengikuti aturan yang ditetapkan pihak PLN dan Bukopin yaitu 1.800 dari biaya adm 1.800 agen mendapat pembagian keuntungan sebesar Rp.1.375,- per tagihan rekening listrik.

Bagaimana cara bergabung dengan Chip Sakti untuk menjadi agen penjualan token listrik?

Pendaftaran dapat dilakukan lewat SMS dengan format:

Regsakti.Nama.Kecamatan.Kota
Contoh: Regsakti.Iwan.Gamping.Sleman
Kirim ke SMS Center

Apa bila belum mendapatkan balasan silakan di kirim ulang atau cek format anda mungkin ada kesalahan. Setelah mendapat balasan berupa id, pin, pasword anda, harap disimpan dan diingat dengan baik.

Cara Transaksi Penjualan Token Listrik,

Untuk lebih mudah memahami bagaimana cara transaksi token listrik bersama PPOB Bukopin Chip Sakti, silakan login ke web topup Chip Sakti di http://topup.chipsakti.com dan perhatikan video berikut: