Viva Plus TV Berbayar Piala Dunia dengan multi angleSatu lagi TV Berbayar diluncurkan menjelang pelaksanaan Piala Dunia Brasil 2014. Setelah bulan lalu Group Kompas meluncurkan TV Berbayar K-Vision yang memegang hak siar Piala Dunia 2014, bulan ini PT Digital Media Asia yang merupakan anak usaha PT Visi Media Asia (VIVA) meluncurkan VIVA+ yang juga memegang hak siar Piala Dunia 2014. Seperti halnya K-Vision, VIVA+ juga akan menggunakan model penjualan prabayar dan ikut berebut pasar penggemar siaran Piala Dunia 2014.

Seperti diketahui, VIVA grup sudah mengantongi hak eksklusif siaran Piala Dunia 2014 dengan nilai investasi US$ 61,54 juta. Proses penandatanganan licence agreement telah dilakukan VIVA grup dengan PT Inter Sports Marketing (ISM) pada 2012 lalu.

Chief Marketing Officer PT Digital Media Asia, Eka Anwar mengatakan, layanan televisi berbayar berbasis satelit bernama VIVA+ akan soft launching pada 17 April 2014, dan menyusul grand launching pada 22 April 2014. Perseroan siap menjajaki penjualan layanan secara ritel dengan metode prabayar. “Layanan dengan metode prabayar lebih menguntungkan, sebab pelanggan sudah bayar di awal, dan sekarang tren TV berbayar lebih banyak ke prabayar, seperti layanan selular saja Dengan ini pelanggan bisa memilih program tayangan sesuai kebutuhan,” jelas Eka saat temu media di Jakarta, Rabu (16/4) VIVA+ bakal menawarkan paket Ultimate World Cup dengan harga Rp 1.799.000 ditambah pajak. Dengan harga tersebut, pelanggan dapat menikmati 9 saluran khusus piala dunia, 5 saluran eksklusif VIVA+, 12 saluran lokal dan internasional, serta 11 saluran TV nasional. Harga ini juga termasuk instalasi dan set top box. Nantinya, kata Eka, perseroan bakal menjual paket prabayar layanan VIVA+ mulai dari denominasi Rp 25.000, Rp 50.000, Rp 75.000, dan Rp 100.000. Perseroan akan menjual pada gerai-gerai Esia, yang terafiliasi dengan VIVA Grup.

“Kami juga tengah dalam proses kerjasama dengan modern channel dan salah satu convinience store untuk menjual kartu prabayar layanan tersebut,” terang dia. Aksi VIVA Grup untuk masuk ke bisnis TV berbayar memang sudah dicanangkan sejak tahun lalu. Perseroan mengalokasikan investasi sebesar US$ 150 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun. Ini merupakan investasi berkelanjutan. VIVA+ menyewa tiga transponder kepada operator satelit asal Hongkong, AsiaSat. Perseroan bakal menambah satu transponder pada 2015.

Direktur Keuangan VIVA Grup Sahid Mahudi, pernah mengatakan, VIVA+ ditargetkan mampu menjaring 300 ribu-400 ribu pelanggan di tahun ini. Kehadiran VIVA+ dengan mengandalkan tayangan World Cup akan berkompetisi langsung dengan TV berbayar milik kelompok Kompas Gramedia, yakni K-Vision. Layanan TV berbayar berbasis satelit yang dikelola oleh PT Digital Vision Nusantara telah meluncur pada Maret 2014. Perseroan membidik satu juta pelanggan.

Viva plus gratis biaya bulanan selamanya

Menggunakan Satellite Asiasat 5 Ku Band, TV Berbayar yang sempat direncanakan bernama VivaSky ini menawarkan cara berlangganan hanya sekali bayar di awal menjadi pelanggan dan tidak lagi harus membayar biaya tagihan setiap bulannya seperti sistem milik tv berlangganan Indovision, Top tv, Okevision, Big TV juga Yes TV milik Telkomvision yang pada tanggal 15 bulan April 2014 akan menghentikan sisitem pembelian cara isi voucher ke sistem pasca bayarnya.

Harga perangkat dan cara berlangganan viva plus

Satu set perangkat VIVA+ ditawarkan dengan harga Rp. 1.799.000 dengan membayar uang muka sebesar 200 ribu, 3 hari sebelum pemasangan harus transfer 1.599.000. Dengan penawaran ini pelanggan mendapatkan gratis 26 channel FTA selamanya, dengan chanel Lokal : antv, tvone, trans7, transtv, mnctv, global, sctv, indosiar, tvri, metrotv. Lokal berjaringan : net, kompas, spacetoon, bloomberg ind, jtv, bchannel, ochannel. Tv internasional : deutchewele, quran tazkiyah, channel news asia, tvE.  Selain itu yang menjadi andalan untuk menarik minat pelanggan adalah bonus paket chanel world cup ultimate 1.

Mulai dari tanggal 1 hingga 16 April VIVA+ menawarkan promo menarik. Hanya dengan harga Rp. 1.599.000,- (plus ppn) Ultimate World Cup Box dapat dimiliki. Voucher isi ulang dan Ultimate World Cup Box dapat dibeli di Gerai Esia dan Dealer resmi yang tersebar di Jabodetabek dan Jawa Barat, atau hubungi langsung call center di 14090.

Kelebihan VIVA+ dibanding tv berbayar lainnya :

Dari line chanel didalamnya ada chanel MNC tv dan global tv tapi tidak ada chanel RCTI. Ada chanel komedinya, chanel Gerr : Saluran komedi 24 jam pertama yang dijamin akan membuat anda tertawa terpingkal-pingkal dan terhibur dengan program-program komedi lokal favorit tidak hanya dari acara-acara komedi yang sudah dikenal sebelumnya tetapi juga acara-acara komedi yang terbaru. Menggunakan antena mini offset sehingga tidak memerlukan ruang yang luas untuk memasangkan antena parabolanya. Untuk tayangan siaran langsung piala dunia (world cup) 2014 di Brazil punya 9 chanel termasuk 2 channel HD (High Definition) khusus live setiap pertandingan, ada di tv berbayar ini selain K-vision milik Kompas group. lewat jaringan internet pelanggan dapat menikmati serunya Piala Dunia melalui tablet dan smart phone (android dan iOS). Bisa menampilkan 4 sudut pengambilan gambar di layar monitor tv (khusus live world cup). Sistem prabayarnya pelanggan dapat memilih sendiri tayangan yang ingin dinikmati dengan membeli voucer sesuai keinginan.

Kekurangan viva + :

Namun dengan segala kelebihannya ada kekurangan dibandingkan dengan tv berbayar lainnya terutama pada chanel hiburan, dalam daftar channelnya VIVA+ tidak memiliki chanel HBO, NatGeo, Discovery, Foxsport, Movie, dan Celestial Movie yang menjadi idola penonton, pelanggan tv berbayar di Indonesia, Siaran langsung seperti Liga champions (UCL), Liga Spanyol dan Liga Inggris juga tidak tersedia. Disamping itu kecerahan dan kualitas signal di saat hujan masih menjadi kendala, karena menggunakan LNB KU Band yang rawan hilang signalnya di saat hujan deras tentunya. Untuk berlangganan masih belum tersedia di setiap daerah di Indonesia apalagi wilayah Indonesia bagian Timur, masih berformat SD belum Mpeg 4 ataupun HD selain chanel yang menayangkan siaran langsung world cup 2014. Belum bisa di jadikan alternatif pengganti bagi pelanggan yang kemarin berlangganan tv voucher Telkomvision, karena masih minimnya tayangan hiburan, olah raga dan pendidikan. Belum ada penjelasan apakah bisa atau tidak ditayangkan pada tv kabel lokalan.